Latar Belakang

Pertumbuhan penduduk Kota Bireuen setiap tahun semakin meningkat dan hal tersebut bahwa konsekuensi logis terhadap pertumbuhan pelayanan kesehatan. Rumah Sakit Umum dan pelayanan kesehatan masyarakat merupakan kegiatan yang bersifat multi sektoral. Rumah sakit, yang merupakan bagian dari suatu pelayanan kesehatan juga sebagai salah satu kebutuhan primer/ dasar bagi kehidupan manusia. Pemenuhan kebutuhan akan pelayanan kesehatan merupakan suatu ukuran bagi tercapai kesejahteraan. Rumah sakit tersebut tidak hanya sekedar ada tetapi juga harus memenuhi standar kelayakan. Penyediaan rumah sakit tersebut tidak hanya sekedar ada tetapi juga harus memenuhi syarat kelayakan. Penyediaan rumah sakit adalah tanggung jawab bersama. Baik oleh pemerintah, maupun swasta.

Minat masyarakat dan warga sekitar memilih kota Bireuen sebagai tempat berobat sangat tinggi, di buktikan dengan angka kunjungan harian terhadap sarana dan prasaran pelayan kesehatan yang ada.

Pemerintah dan swasta menyediakan puskesmas bagi masyarakat yang kemudian berkembang menjadi Rumah sakit Umum, sedangkan masyarakat dengan pertumbuhan alaminya memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan yang kemudian berkembang menjadi pengobatan yang lebih modern. Walaupun berbeda, namun keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pertumbuhan dan perkembangan puskesmas dan rumah sakit umum dapat menjadi pemicu dan pemacu perkembangan suatu wilayah baik kesehatan, ekonomi, sosial dan kemasyarakatan. Tentu saja tidak secara otomatis begitu saja, tetapi perkembangan tersebut membutuhkan penyediaan infrastruktur yang mendukung.

Maka dengan mengucapkan puji berserta syukur kehadirat Allah SWT pada tanggal 17 Februari 2016 didirikan Rumah Sakit Jeumpa Hospital dengan Akte Notaris Israkhalid,SH.,M.KN Nomor : 56, tertanggal 17 (Tujuh Belas) Februari 2016 (Dua Ribu Enam Belas).