Jalur Evakuasi

Jalur Evakuasi Rumah Sakit Cara Meningkatkan Keselamatan Pasien Pada Situasi Bencana

Keamanan dan kenyamanan dari pasien dan keluarganya merupakan hal yang penting diberikan oleh pihak rumah sakit selama memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum yang mengunjungi. Saat datang ke rumah sakit, mungkin saja akan terjadi bencana seperti kebakaran ataupun bencana alam lainnya.

Oleh karena itu pada setiap rumah sakit wajib memiliki jalur evakuasi. Karena jalur evakuasi rumah sakit merupakan salah satu fasilitas penunjang keselamatan. Apalagi jika rumah sakit tersebut berada pada titik rawan bencana. Pintu masuk dan keluarnya pun harus dibedakan dengan pintu lainnya, dan diberi rambu penunjuk jalur evakuasi.

Beberapa waktu lalu di daerah Bagdad tejadi sebuah insiden kebakaran rumah sakit yang menyebabkan 11 bayi baru lahir meninggal dunia. Menurut pihak Kementrian Kesehatan Irak, kebakaran tersebut dipicu oleh konsleting listrik yang berpusat di ruang bersalin. Para korban bayi tersebut meninggal karena terjebak dalam ruang inkubator, sehingga mengalami luka bakar sampai menimbulkan kematian. Sementara itu terdapat sekitar 19 bayi lainnya yang menderita keracunan akibat menghirup asap dari kebakaran.

Para bayi dan pasien lainnya diselamatkan melalui jalur evakuasi rumah sakit untuk di rujuk ke rumah sakit terdekat guna menerima pelayanan kesehatan. Seandainya tidak ada jalur evakuasi pada fasilitas pelayanan kesehatan apa yang akan terjadi. Untuk itu adalah menjadi sebuah kewajiban bagi setiap ruamh sakit untuk menyediakan jalur evakuasi rumah sakit beserta dengan peralatan pendukung lainya seperti pintu keluar darurat, rambu penunjuk jalur evakuasi, pewarnaan cat pada jalur evakuasi sesuai dengan prioritas pasien, titik kumpul yang luas, aman dan mudah dijangkau dengan kendaraan.

Rata-rata sebagian besar dari bangunan pada rumah sakit berupa lorong atau koridor panjang. Desain bangunan tanpa sekat seperti rumah sakit ini, menjadikan api semakin mudah menyebar dalam waktu singkat. Namun desain seperti ini sangat berguna dan diperuntukan bagi rumah sakit. Selain itu juga biasanya pada ruangan obat terdapat bahan-bahan kimia yang mungkin saja mudah terbakar dan menyebabkan kobaran api menjadi semakin besar. Untuk itu jalur evakuasi yang tanpa hambatan akan mempermudah para pasien maupun keluarga untuk menghindari bencana kebakaran atau bencana alam lainnya yang terjadi.

Perbedaan jalur evakuasi pada rumah sakit dengan jalur evakuasi pada gedung lainnya adalah, pada jalur evakuasi rumah sakit dilengkapi dengan warna cat untuk membedakan prioritas dalam pemindahan pasien, dan titik kumpulnya pun diberi warna hijau, kuning, dan merah.


Peta Jalur Evakuasi Rumah Sakit Jeumpa Hospital